Surat Tilang

Posted: Oktober 11, 2011 in Tulisan

Kemarin ketika saya sedang bermain facebook, saya melihat status teman saya yang mengeluh tentang Surat Tilang yang ia dapatkan dari polisi. Jadi Surat Tilang itu sebenarnya ada dua jenis, ada yang berwarna biru dan ada yang berwarna merah. Teman saya meminta surat yang berwarna biru tetapi malah dikasih surat yang berwana merah oleh polisi yang menilangnya.

Nah saat itu saya tertarik untuk menulis tentang jenis surat tilang itu. Di antara sekian banyak pengguna kendaraan bermotor, saya yakin pasti di antara kawan-kawan yang membaca tulisan saya ini pernah mengalami yang namanya di Tilang polisi, atau belum pernah mungkin suatu saat nanti akan bertemu yang namanya ditilang polisi jika berkendara. Di tulisan ini saya ingin berbagi informasi yang saya dapati.

Biasanya seorang pengendara jika sudah diberhentikan di jalan karena kesalahan dalm berkendara, hal yang pertama ada di pikiran seseorang itu pasti untuk meminta polisi untuk tilang ditempat (berdamai). Tetapi saya rasa keputusan itu salah, karena uang yang dibayar akan hanya masuk ke dompet polisi itu. Lebih baik anda meminta surat tilang.

Surat Tilang yang akan diberikan polisi ada dua jenis, ada yang berwarna biru dan ada yang berwarna merah. Biasanya polisi akan memberikan surat yang berwarna merah. Perbedaan surat tilang yang berwarna merah dan biru adalah :

  1. Slip berwarna Merah, artinya jika kita menyangkal jika kita melanggar aturan lalu lintas dan mau membela diri dipengadilan setempat (ikut sidang). 
  2. Slip berwarna Biru, artinya kita mengakui kesalahan dan siap membayar denda. Dengan slip biru kita tinggal mentransfer uang denda ke rekening yang sudah ditentukan. Setelah itu kita tinggal membawa bukti transfer ke polsek dimana kita ditilang untuk mengambil SIM/STNK. Denda yang dikenakan dengan slip biru berdasarkan KUHP pengguna jalan raya tidak lebih dari Rp 50.000. Dengan slip biru juga denda yang kita transfer langsung masuk ke kas Negara.

Jadi kawan-kawan sudah tahu kan Surat Tilang berwarna apa yang harus kita minta jika kita di tilang. Biasanya polisi selalu mencari alas an untuk tidak memberikan slip berwarna biru. Berarti pintar-pintar kawan-kawan saja untuk meminta slip biru kepada polisi.

Tinggalkan Balasan

